[Drama + Webtoon Review] Cheese In The Trap : I Found Myself in a Fictional Character

cheese_in_the_trap-p2

 

Pertama, aku mau bilang kalau ini sudah sangat telat untuk review drama yang tayang satu tahun lalu :’D

Tapi, karena webtoonnya baru tamat sebulan yang lalu, jadi nggak apa lah ya. Soalnya di postingan ini aku ga cuma review dramanya doang, tapi Cheese In The Trap’s whole stories. Aku akan ngomongin cerita ini secara keseluruhan.

Dan yang terpenting adalah, aku merasa cerita Cheese In The Trap ini bagus banget dan–ekhm–related to my reality.

Drama berjudul “Cheese In The Trap” ini ditayangkan di saluran TV Korea Selatan bernama tvN. Episode perdananya meluncur tanggal 4 Januari 2016 dan berakhir di episode 16 pada tanggal 1 Maret 2016.

Aku secara pribadi tahu webtoonnya lebih dulu daripada dramanya. Jadi ceritanya gini, aku ‘kan memang sering baca webtoon, nah waktu itu, entah kapan tepatnya, aku menemukan sebuah webtoon berjudul “Cheese In The Trap” dengan poster seperti di bawah ini :

_eb93bbeb80af_eba38ceabca5_e29587eabcb1_eb9384eb84b0_ipa
Kenapa senior ganteng itu begitu suka aku? Seol Hong adalah mahasiswa pekerja keras yang baru kembali kuliah setelah selesai cuti. Namun, Seol merasa hidupnya mejadi lebih sial sejak dekat dengan Jung Yoo, seniornya yang terkenal sebagai cowok sempurna. Apakah Jung sengaja? Ataukah Seol hanya berprasangka?

Ya, kurang lebih seperti itulah cover webtoonnya. Iya, memang nggak menarik. Makanya ratingnya waktu itu nggak begitu tinggi, kalah jauh lah sama “Orange Marmalade” yang waktu itu lagi booming. Tapi, yang membuat aku tetap ‘klik’ webtoon ini dan baca ceritanya adalah karena aku pikir webtoon ini tentang kehidupan perkuliahan. You know lah, waktu itu aku masih kelas 12 dan lagi semangat-semangatnya kepo tentang perkuliahan, hehe.

Dan sampai saat ini aku nggak pernah menyesal satu kalipun nge-klik dan baca webtoon itu dengan sabarnya dari awal :’D

Soalnya, nih ya, kalau kalian baca, di awal-awal episode webtoonnya memang nge-boring-in banget. Di episode awal banyak banget flashback dan kalau kalian berharap bakal baca webtoon yang gambarnya oke dengan tulisan yang simpel dan sedikit, maka kalian salah alamat :’D Soalnya memang banyak banget orang yang menyerah sama webtoon ini karena gambarnya yang menurut mereka nggak begitu bagus dan ceritanya membosankan. Guys, aku kasih tahu nih, ya. Mulai episode belasan, kalian akan merasa kalau cerita webtoon ini bagus banget. Di awal-awal memang ngebosenin, tapi kalian harus tetap baca dengan serius, soalnya banyak hal-hal yang akan diungkit di episode-episode ke depannya. Kalian harus tetap ingat detail ceritanya, soalnya, tokoh utama yang kita hadapi di webtoon Cheese In The Trap ini lumayan horror, guys :’D (walaupun ganteng maksimal).

Sudah mulai penasaran? hehe. Iya, Yoo Jung atau kalau di webtoon Indo disebutnya Jung Yoo itu memang karakter unik yang nggak akan pernah kalian temuin di webtoon atau drama lain. Dan dialah faktor utama yang membuat cerita Cheese In The Trap ini misterius dan membuat para pembacanya banyak berspekulasi :’)

Oh iya, baru beberapa hari yang lalu aku tamatin ini webtoon. Aku sendiri prefer ke webtoonnya sih daripada dramanya, soalnya di webtoonnya itu ceritanya lebih detail dan enggak semata-mata romance doang. Masalah-masalah tentang kehidupannya lebih banyak diungkit. Ya, bukan berarti di dramanya cuma full romance, sih. Di dramanya juga membahas problem yang sama (walaupun kurang detail dan ada yang dihilangkan), tapi enggak ‘ngena’ aja gitu. Ya, kalian tahu lah, kalo drama korea itu romance banget, hehe. Tapi, overall, dramanya bagus banget, cukup membuat aku tersentuh sampe nangis dan senyum-senyum sendiri kayak orang gak waras. Sekilas, preview dramanya begini deh :

Yap, pemeran Yoo Jung sunbae-nya yaitu Park Hae Jin! OMG, dia mah udah cocok banget. Kasarnya, dari ujung kepala sampai kaki Park Hae Jin itu Yoo Jung banget. (Tapi tetep gantengan Yoo Jung versi webtoon sih bagiku, hehe).

Dan yang meranin Seol adalah Kim Go Eun. Jujur nih ya, awalnya aku nggak suka dan nggak setuju kalau dia yang meranin Seol. Kenapa nggak aku aja, gitu? Ehehe. Bohong kok bohong, bukan gitu hehe. Aku pikir Kim Go Eun terlalu bulat wajahnya 😦 (sepele ya? abaikan aja makannya). Kalau menurutku sih Seulgi RedVelvet cocok banget meranin Seol. Tapi, sayangnya dia bukan aktris 😦 But, semakin bertambahnya episode, Kim Go Eun cocok kok jadi Seol. Malah pas tahu bahwa di filmnya yang bakal dirilis nanti pemeran Seolnya ganti, aku malah kecewa 😦

hong seolgi
Lihatlah betapa Hong Seol-nya Seulgi wkwk

Satu hal lagi yang agak mengecewakan bagiku, sih, kenapa pemeran Baek Inho sama Baek Inha-nya enggak bule aja ya? wkwk. Kan lucu gitu kaya di webtoonnya 😀

tumblr_nxgvofpfei1tsvrgpo1_1280

Okay, sekarang fokus ke ceritanya aja ya.

Jadi, Cheese in the Trap ini bercerita tentang seorang mahasiswi bernama Hong Seol yang gagal cuti kuliah. Kenapa dia mau cuti? Karena di tahun sebelumnya dia punya problem aneh sama seniornya yang bernama Yoo Jung. Seol yang notabene seorang cewek yang ‘banyak mikir’ tentunya sangat terganggu dengan problem itu dan akhirnya memutuskan untuk cuti kuliah, walaupun alasan yang dia beritahu ke orang lain adalah karena dia tidak dapat beasiswa untuk semester depan. Jadi ceritanya si Seol ini kalah nilainya sama seniornya yang bernama Jung itu, jadilah si Jung yang dapet beasiswa. Tapi tiba-tiba Seol dikasihtau kalau ternyata akhirnya Seol lah yang dapat beasiswa, soalnya paper punya Jung hilang. Akhirnya Seol pun nggak jadi cuti dan antara merasa senang dan insecure melanjutkan kuliahnya.

Semester baru pun dimulai dan anehnya sikap Jung terhadap Seol berubah 180 derajat. Tahun lalu mereka sama sekali bukan orang yang dengan nyamannya bisa saling sapa satu sama lain, tapi tiba-tiba tahun ini Jung sering banget nyapa Seol dengan ramahnya. Tahun lalu Seol nggak pernah sama sekali gabung di acara makan-makan traktirannya si Jung (si Jung ini ceritanya anak orang kaya dan sering traktir temen-temennya), tapi tahun ini tiba-tiba Jung sering banget traktir Seol makan. Ya, cuma Seol aja nggak sama temen-temen lainnya! Intinya, tahun lalu mereka itu kayak memendam kebencian satu sama lain, tapi tiba-tiba tahun ini Jung sering banget deket-deket Seol dengan ‘wajah tanpa dosa’-nya. Bayangkan gimana stressnya seorang Hong Seol 😂

Dua orang temen deketnya si Seol, Bora sama Euntaek sih bilang kalau kayaknya si Jung ini suka sama dia. Pastinya Seol nggak setuju dong, dia inget banget hubungan macam apa yang dia miliki sama si Jung itu tahun lalu. Ya kalian bayangin aja kalau musuh kalian tiba-tiba suka sama kalian. Nggak mungkin banget kan?! Kira-kira begitulah perasaannya si Seol. Oh iya, Bora sama Euntaek bilang kayak gitu soalnya mereka nggak tahu sih tentang masalah yang terjadi antara Seol dan Jung setahun yang lalu. Seol memang jarang banget cerita masalah pribadinya ke orang lain, dia cenderung mikirin segala sesuatunya sendirian.

‘Penderitaan’ Hong Seol terus berlanjut dan si Jung ini semakin sering berada di sekitar dia. Sampai akhirnya di suatu malam, Jung nembak dia! Maksudnya minta Seol jadi pacarnya ya, bukan nembak pake pistol wkwk. Bayangkan betapa cengonya seorang Seol 😂 Tapi akhirnya Seol nerima Jung. Kenapa? Seol sendiri juga nggak tahu kenapa dia nerima Jung gitu aja 😂

Cerita pun berlanjut dan pacaran lah si Seol itu dengan Jung. Tapi, dalam hubungannya itu, Seol juga sebenernya masih menyimpan keraguan dan kecurigaannya sama si Jung. Begitu pula para pembaca dan penontonnya 😂 Jadi di cerita ini kita akan dibuat ragu dan curiga, mempertanyakan apakah si Jung ini memang tulus suka sama Seol atau dia punya maksud terselubung. Apalagi waktu Jung nembak Seol, dia nggak bilang kalau dia suka sama Seol. Jung cuma tanya, “Mau pacaran denganku?”. Gimana nggak mencurigakan coba 😂

Intinya sih begitu ceritanya, tapi, menurutku cara si authornya (btw nama authornya soonkki) mengalirkan ceritanya sampai ke titik akhir dimana perasaan si Jung-nya terkuak itu keren banget, walaupun di dramanya memang ini nggak terjawab secara jelas. Dramanya kayak ngegantung gitu loh, esensinya kurang tersampaikan. Tapi, memang kabarnya sih si soonkki-nya nggak diikut sertakan gitu di pembuatan dramanya. Makanya di versi movie-nya nanti dia banyak ambil alih 🙂 Meski begitu, aku suka OST dramanya :’) bener-bener bikin kangen (sambil nulis ini juga aku dengerin OST-OST dramanya).

Aku sebenernya bingung mau ngejelasin ceritanya secara gamblang atau enggak sama kalian, soalnya cerita ini banyak misterinya dan kalau aku jelasin kalian nanti nggak baca webtoonnya atau nonton dramanya lagi T^T

Ini ceritanya aku lagi mencoba untuk membuat kalian tertarik baca webtoon ini dan nonton dramanya LOL

Kalau kalian suka cerita yang bergenre slice of life gitu pasti bakal suka banget sama cerita ini. Yang bikin menarik sih menurutku ceritanya itu nggak hanya tentang hubungan Seol dan Jung aja, meskipun inti utamanya itu. Jadi, dalam mencapai titik klimaksnya banyak permasalahan-permasalahan yang berhubungan juga sama inti ceritanya. Oh iya, bakalan banyak flashback juga, apa yang terjadi antara Jung sama Seol waktu tahun lalu, dan kalau udah bagian flashback nih ya, kebanyakan pembaca pasti semakin ragu sama perasaannya si Jung 😂

Hmm khusus tentang Jung, aku kasih sedikit bocoran deh tentang dia (soalnya dia juga salah satu faktor yang bikin cerita ini menarik). Coba kalian bayangin : Yoo Jung itu seorang mahasiswa tingkat akhir, badannya tinggi tegap, wajahnya… ehem ganteng, peringkat pertama di jurusannya (Seol yang kedua), suuuuuper ramah, tajir banget makanya sering traktir, pokoknya baik banget deh dia itu semacam pangeran berkuda putih lah di jurusannya, idola para cewek untuk dijadiin gebetan dan idola para cowok untuk jadi temen deket. Namun ternyata saudara-saudara, memang kenyataannya nggak ada yang sempurna di dunia ini. Di balik senyum ramahnya, Jung punya sisi dinginnya sendiri yang hanya dia tunjukkan sama orang yang mengancam dirinya. Masalahnya, si Jung ini kalau udah dingin, dia nggak tanggung-tanggung ngehancurin lawannya dengan cara yang mungkin sama orang lain nggak akan kepikiran. Kalau kata Baek Inho sih, Jung itu kalau balas dendam itu memperalat ‘tangan’ orang lain sehingga ‘tangan’-nya sendiri nggak akan kotor dan tetap bersih. Ohya, btw Baek Inho itu temen kecilnya Jung yang sekarang dendam banget sama dia dan of course Baek Inho ini tahu sisi dinginnnya Jung dan sering banget ngatain Jung itu bermuka dua. Ngomong-ngomong, Baek Inho juga second man di cerita ini, dan untuk pertama kalinya aku nggak jatuh cinta sama second man 😂 Biasanya kalau nonton drama aku selalu baper sama second man yang biasanya menderita itu :’) tapi kali ini aku lebih baper sama Jung!

Kok jadi ke Baek Inho ya wkwk. Ngomongin tentang Jung lagi, segala sesuatu yang terjadi pasti ada penyebabnya dong. Dan baik di webtoon ataupun dramanya, bakal dijelasin kok kenapa si Jung itu kayak gitu dan kenapa dia bisa musuhan sama Inho, sahabat kecilnya. Tapi yang mengherankan, beda loh masa lalunya Jung yang di drama sama webtoonnya. Tapi dua-duanya masuk akal sih, walaupun aku lebih prefer ke versi webtoonnya soalnya yang di drama menyiratkan seakan-akan Jung itu kejam banget 😦 (maafkan daku yang udah kena bias si Jung wkwk).

Aku bingung mau jelasin banyak hal tapi nanti kaliannya gak baca dan nonton lagi, hehe. Aku buat poin-poin aja kali ya, kenapa aku suka banget banget banget banget sama cerita ini :

  • Alur ceritanya realistis dan nggak terkesan diburu-buru. Semuanya mengalir dengan sangat sangat sangat enjoyable
  • Kepribadian Seol sangat menarik. Maksudnya, jarang-jarang tokoh yang kepribadiannya kayak gitu dijadiin cerita. Makanya di webtoonnya itu banyak banget teksnya. Itu adalah narasinya si Seol dan pikiran-pikirannya dia 😂
  • Kepribadian Jung yang misterius dan segala hal tentang masa lalunya yang bikin penasaran sekaligus simpati sama dia. Aku aja sampe baper T^T Oh iya, jarang juga kan tokoh yang kelihatannya ‘jahat’ kayak dia dijadiin tokoh utama
  • Dinamika tokoh-tokohnya kelihatan banget. Apalagi Jung sama Seol, aku suka banget. Di pertengahan sampai akhir mereka jadi mirip satu sama lain
  • Cerita cinta tentang dua orang dengan peringkat teratas di jurusan. Kalian mungkin nggak akan nemuin permasalahan hubungan mereka di cerita-cerita romance lain
  • Seol-Bora-Euntaek yang bestfriend goals bangetttt
  • Cerita cinta Seol sama Jung yang bukan hanya sekadar nembak-pacaran-dinner-pelukan-kissing. Selama 304 episode webtoonnya, mereka kissing aja bisa dihitung jari deh
  • Baek Inho yang kocak abis 😂 Dia sering banget mispronounce bahasa inggris gitu. Dia bule tapi ga bisa bahasa inggris kan lucu wkkwkw
  • Banyak hal-hal yang menurut kebanyakan orang mungkin tabu untuk dibahas tapi dibahas di sini. Misalnya, waktu Seol ada tugas kelompok gitu ada seniornya yang bernama Sangcheol nggak sama sekali ngerjain bagiannya. Karena udah keseringan, akhirnya Seol sebagai ketua kelompok nggak masukin nama Sangcheol di tugas itu. Menurut kalian Seol baik nggak? Aku jadi mempertanyakan ulang loh, sebenernya kebaikan itu apa sih?
  • Karena inti ceritanya mempertanyakan ketulusan si Jung terhadap Seol, kalian juga akan mempertanyakan, sebenernya cinta itu yang kayak gimana sih?
  • Sikap Jung ke Seol yang bikin para pembaca blushing wkwwk. Kalau mereka saling lempar senyum, para pembaca ikut-ikutan senyum. Kalau mereka ketawa-ketiwi, pembaca ikutan ketawa. Kalau mereka pelukan, pembaca peluk guling 😂

 

But again, manusia memang dipenuhi pandangan subjektif. Alasan utama kenapa aku suka banget cerita ini mungkin karena aku ngerasa klik sama kepribadian tokohnya. Sebagian kalian mungkin bakal suka cerita ini sama kayak aku, sebagian kalian mungkin ngerasa biasa aja karena nggak klik buat kalian. Nggak masalah, kalian mungkin akan nemuin di cerita lain 🙂

Awalnya aku ngerasa aku ini Seol banget. Maksudku, dalam beberapa aspek aku ngerasain banget apa yang Seol rasain. Ah, aku malu ga perlu dijelasin ya wkwk. Tapi pas di akhir-akhir cerita aku nangis kejer sama kisahnya Jung. Dan aku ngerasa aku lebih mirip Jung :’) Yah, begitulah. Hehe.

Kalau kalian tertarik, aku saranin sih tonton dramanya dulu, baru baca webtoonnya. Soalnya yang wajib banget itu baca cerita originalnya dong, yaitu webtoonnya. Karena dramanya menggantung kalian mungkin akan kecewa, nah kekecewaan kalian itu akan terbayar berkali-kali lipat dengan baca webtoonnya. Percayalah 🙂 Lagipula, cerita di drama dan webtoonnya juga banyak yang beda, sih. Yang di drama itu ibaratnya cerita originalnya tapi di dramatisir, yang originalnya yaitu webtoonnya lebih mengalir dan bener-bener perlahan-lahan gitu loh.

Sudah ya, guys. Intinya kenapa aku posting ini adalah supaya kalian baca webtoon ini dan nonton dramanya hahahaha.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s